oleh

Tukang Bangunan di Busel Ditemukan Gantung Diri di Rumah Kosong

Reporter: Basri I Editor: Kang Upi

BUSEL – La Sudi (30), warga Dusun Potambara Desa Burangasi Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan (Busel) ditemukan tewas dengan posisi tergantung di rumah kosong, Senin 17 Agustus 2020.

Kapolsek Lapandewa, IPDA Subagiyo SH menuturkan, informasi penemuan korban dilaporkan Kepala Desa Burangasi, La Hamiru, usai upacara penurunan bendera Merah Putih HUT RI ke-75 menjelang magrib.

“Awalnya saya dihubungi pak kepala desanya bahwa sekitar pukul 18.15 Wita ada masyarakatnya yang ditemukan bunuh diri dengan cara gantung diri,” ungkap Subagiyo saat dikonfirmasi Selasa 18 Agustus 2020.

Mendapat informasi tersebut, pihaknya langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) dan berkoordinasi dengan Puskesmas Lapandewa untuk dilakukan pemeriksaan medis.

“Saya bersama Kanit Reskrim dan dua anggota Polsek langsung mengambil tindakan sesuai SOP bersama tim medis. Dan membawa korban ke rumah mertuanya. Keluarga menerima dengan lapang dada serta mengikhlaskannya,” tutur IPDA Subagiyo.

Dugaan awal korban melakukan tindakan tersebut, kata IPDA Subagiyo akibat adanya pertikaian dengan sang istri. Sebab, korban seharinya bekerja sebagai tukang bangunan itu, pada dua hari sebelumnya sempat cekcok.

“Dugaannya seperti itu sebab dua hari sebelumnya korban sempat cekcok dengan istrinya namun istrinya tidak menyangka bahwa suaminya akan berbuat senekat itu,” kata IPDA Subagiyo.

Bedasarkan keterangan saksi, lanjutnya, awalnya korban bersama iparnya mengerjakan pembangunan sebuah rumah milik salah seorang warga yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Pada pukul 10.00 Wita korban izin pulang dengan alasan mau lihat mamanya, setelah itu kembali lagi dan tidak lama melanjutkan pekerjaannya kemudian mereka pulang sama-sama karena sudah jam istirahat untuk makan siang,” paparnya.

Namun setelah beberapa jam usai makan siang, korban tidak kunjung datang kembali hingga sore hari. Hingga kemudian temukan salah seorang warga dengan posisi telah tergantung di rumah kosong.

“Pukul 18.15 ada seorang warga datang melapor pada rekan kerjanya bahwa La Sudi telah bunuh diri dengan gantung lehernya di sebuah rumah kosong,” ungkap IPDA Subagiyo.

Saksi itu mengaku baru pulang dari kebun, namun saat hendak memasukan kayu bakar di bawah kolong rumahnya, dia melihat ada sepasang sendal di tangga rumah kosong samping rumahnya itu, dan dengan pintu rumah terbuka.

“Jadinya timbul kecurigaan ada orang di dalam rumah itu, akhirnya dia memilih untuk masuk memeriksanya, saat itu lah dia melihat ada seseorang yang telah tergantung di dalam rumah tersebut,” tutupnya.

Terkini