Polsek dan Pemdes Lapandewa Dibantu Mahasiswa Semprot Disinfektan

Reporter: Basri / Editor: La Ode Adnan Irham

BATAUGA – Kepolisian Sektor (Polsek) Lapandewa, Polres Buton bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Lapandewa Jaya Kabupaten Buton Selatan (Busel) Sultra, bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Lapandewa Tambunaloko (IKMALTA) melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum, Selasa 31 Maret 2020.

“Jadi penyemprotan ini sesuai dengan instruksi untuk kita libatkan unsur muspika kecamatan bersama TNI-Polri, agar bersama-sama dengan rekan-rekan mahasiswa guna memutus rantai penyebaran virus corona,” ungkap Kapolsek Lapandewa, Ipda Subagiyo SH.

Dia berharap penyebaran pandemi Covid-19 dapat diputuskan, khususnya di Lapandewa.

Kepala Desa Lapandewa Jaya, Amas, SH mengapresiasi lembaga-lembaga relawan yang siap bekerja sama melawan penularan virus tersebut.

Diakuinya, melalui inisiatif organisasi intelektual yang ada di desa, yakni IKMALTA dan Himpunan Mahasiswa Lapandewa Tambunaloko (Hipmalta) Kendari, pihaknya langsung adakan rapat koordinasi bersama pengurus Rumah Desa Sehat (RDS) Lapandewa Jaya bersama pengurus Karangtaruna Lapandewa Jaya guna melaksanakan giat sosial tersebut.

“Kami tidak mungkin bisa berbuat banyak mana kala tidak ada bantuan dan kerja sama dari lembaga-lembaga ini, semoga kebersamaan ini akan terus berlanjut demi mencegah masuk dan menularnya Covid-19 di wilayah kita ini,” harapnya.

Dia mengimbau masyarakat agar makan makanan dengan gizi yang seimbang, minum air mineral delapan gelas sehari, jaga kebersihan lingkungan, makan makanan yang dimasak sempurna, rajin olahraga, selalu cuci tangan pakai sabun dan gunakan masker.

“Yang utama bila sesak nafas dan demam segera lapor ke petugas kesehatan, serta yang paling utama jangan lupa untuk selalu berdoa,” tutupnya.

Ketua Umum IKMALTA, La Nare, S.Pd mengaku, giat penyemprotan anti virus tersebut sebelumnya atas dasar keresahan makin banyaknya Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang masuk di wilayah Kecamatan Lapandewa.

“Olehnya itu sehingga kita koordinasi dengan Pemdes untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” ungkapnya usai penyemprotan.

Lokasi yang menjadi sasaran penyemprotan kata dia, adalah pasar kecamatan, mesjid dan tempat tongkrongan masyarakat.

Disebutkan, giat sosial pencegahan Covid-19 tersebut tidak berhenti kali ini saja, melainkan akan dilakukan rutin setiap pekan oleh pihaknya.

Amatan MEDIAKENDARI.com, pada pelaksanaan giat tersebut ikut, selain RDS juga ikut serta Karang Taruna Lapandewa Jaya dan Himpunan Mahasiswa Lapandewa Tambunaloko (Hipmalta) Kendari). (B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda