oleh

Olimpiade Sains Tingkat Kecamatan Lapandewa Sukses Digelar

Reporter : Basri

BUSEL – Ikatan Mahasiswa Lapandewa Tambunaloko (IKMALTA) sukses menggelar Olimpiade Sains tingkat SD dan SMP/Mts se Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan (Busel).

Kepala Dinas Pendidikan Busel, La Makiki melalui Kepala Unit Kerja Non Struktural Pendidikan (UKNSP) Kecamatan Lapandewa, La Wante mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi IKMALTA yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Menurutnya, kompetisi yang digelar di Gedung Sipanjonga Lapandewa Jaya, Minggu 18 Oktober 2020 ini bermanfaat bagi peningkatan kemampuan bagi para insan pendidikan ditengah Pandemi Covid-19.

“Tentunya kami dari Dinas Pendidikan Buton Selatan memberikan apresiasi kepada IKMALTA, dimana ditengah Pandemi Covid-19 ini masih punya inisiatif untuk menggelar kegiatan yang sangat berguna bagi insan pendidikan kita,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa tentunya generasi muda harus tanamkan dengan baik semangat inovasi untuk ciptakan prestasi agar mampu menjawab tantangan zaman.

Apalagi, lanjutnya, dunia sekarang tentunya akan berbeda lagi dengan 10 hingga 20 tahun ke depannya. Sehingga generasi sekarang lah yang akan menjadi penerus pembangunan bangsa nantinya.

“Oleh karena itu untuk para siswa-siswi, dan generasi penerus, belajarlah, apalagi dengan adanya olimpiade ini bermanfaat utamanya bagi sekolah karena pada olimpiade 2021 depan nanti untuk Kecamatan Lapandewa sudah pemenang olimpiade ini yang akan menjadi bibit untuk diutus mengikuti olimpiade tingkat kabupaten hingga provinsi nantinya,” katanya.

Selain itu bermanfaat bagi siswa, kata dia, melalui olimpiade tersebut akan mengasah pengetahuan yang didapat dari guru pengajar di sekolah.

“Apakah sudah ditekuni dan diserap dengan baik serta dapat bermanfaat juga untuk pemandu sebagai pembanding dengan siswa di masing-masing sekolah. Paling tidak melalui ajang olimpiade ini kita bisa mengetahui keberhasilan dari ilmu yang selama ini kita berikan pada siswa kita,” tegasnya.

Senada dengan itu, Ketua Umum IKMALTA, La Nare mengungkapkan, lomba bertema ‘Aksi prestasi untuk menunjukan generasi unggul dan berkualitas’ merupakan Olimpiade Sains ke dua yang digelar pihaknya bersama dengan Dinas Pendidikan Busel.

Dijelaskannya, kompetisi ini digelar untuk memberikan motivasi dan semangat belajar bagi peserta didik khususnya di Kecamatan Lapandewa walau ditengah pandemi COVID 19.

“Sekaligus mempersiapkan generasi muda khususnya di kecamatan kita ini untuk berprestasi di tingkat kabupaten hingga provinsi maupun nasional, sehingga bisa membantu sekolah mencari bibit untuk mengirimkan peserta pada lomba OSN yang diselenggarakan pemerintah daerah,” jelasnya.

Olehnya itu, dia berharap pada setiap sekolah untuk terus memacu siswanya agar berprestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Sebab melalui Olimpiade Sains ini, Kecamatan Lapandewa diupayakan mampu mencapai target pemerintah daerah untuk menyiapkan generasi yang unggul dan berkualitas.

“Harapan lain bagi peserta yang belum mendapatkan juara agar jangan menyerah dan terus belajar, anggap lah kegagalan ini adalah keberhasilan yang tertunda. Dan kedepanya, kegiatan olimpiade seperti ini akan kami evaluasi bahkan bukan tidak mungkin akan kita gelar kembali dengan sistem komputer,” pungkasnya.

Amatan MEDIAKENDARI.com, kegiatan olimpiade tersebut dilaksanakan sesuai protokol kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan masker demi menghindari penularan covid-19.

Berikut nama-nama pemenang Olimpiade Sains IKMALTA tingkat SD dan SMP/Mts se- Kecamatan Lapandewa tahun 2020.

– Tingkat SD

1. Bidang Matematika
Juara I : Suffiolla Putriani Arif Jau (SDN 1 Lapandewa)
Juara II : Nur Anisa Anjelin M (SDN 1 Lapandewa Kaindea)
Juara III : Tri Andika Purnama (SDN 1 Lapandewa)

2. Bidang IPA
Juara I : Sabril (SDN 2 Lapandewa Kaindea)
Juara II : Nurul Farhani R.H (SDN 1 Burangasi Rumbia)
Juara III : Felbi Oktavia Saputri (SDN 1 Lapandewa Makmur)

– Tingkat SMP/Mts

1. Bidang Matematika
Juara I : Putri (SMPN 1 Lapandewa)
Juara II : Alfijar (SMPN 1 Lapandewa)
Juara III : Rezim (SMPN Satap Gaya Baru)

2. Bidang IPA
Juara I : Karsan (SMPN 1 Lapandewa)
Juara II : Wa Ririn (SMPN 1 Lapandewa)
Juara III : Asti (SMPN 3 Lapandewa).

Terkini