Dinkes Busel Usulkan Rp 1,7 Milyar Pembelian Obat Generik Kebutuhan 2021

Reporter: Basri

BATAUGA – Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) melalui Dinas Kesehatan mengusulkan anggaran sebesar Rp 1,7 milyar pengadaan obat generik untuk kebutuhan 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Busel, La Ode Budiman mengungkapkan anggaran sebesar itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN tahun 2020.

“Jadi kita mendapat anggaran dari DAK untuk pengadaan obat generik dan vitamin kebutuhan 2021 sebanyak Rp 1,7 milyar, serta untuk kebutuhan bahan habis pakai (BHP) seperti masker, hand sanitiser, dan lainnya itu sekitar Rp 800 juta rupiah,” ungkap La Ode Budiman saat ditemui di kantornya, Selasa 7 Juli 2020.

Sementara kata dia, stok ketersediaan obat generik dan vitamin yang ada di gudang farmasi Dinas Kesehatan Buton Selatan saat ini masih cukup untuk kebutuhan hingga akhir tahun 2020.

“Untuk pasokan saat ini walau ditengah pandemi Covid-19 obat dan vitamin masih cukup tersedia hingga Desember 2020. Hal itu sesuai dengan permintaan kebutuhan di setiap puskesmas yang ada di Busel ini,” katanya.

Dia pun berharap agar kebutuhan obat-obatan dan vitamin selalu terpenuhi tanpa kendala yang berarti seperti yang dialami sejumlah daerah lainnya, yang mengalami hambatan saat pengiriman dari penyedia atau distributor obat di pusat.

“Karena adanya sistem permintaan obat yang diwajibkan lewat e-katalog sehingga sedikit memperlambat pendistribusian permintaan obat dari daerah,” pungkasnya. (c).

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total