oleh

Desa Lapandewa Busel Keciprat Dana Keserasian Sosial

Reporter : Basri

BUTON SELATAN – Desa Lapandewa Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan (Busel) mendapat kucuran dana Keseraian Sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI sebesar Rp 150 juta.

Berdasarkan kesepakatan bersama, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan rehabilitasi masjid tertua di Desa Lapandewa yakni masjid Babusallam.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Busel, La Ode Taatlan melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, La Hasifu mengungkapkan, dana tersebut dikelola langsung Forum Keserasian Sosial Desa Lapandewa tanpa intervensi oleh pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten.

“Jadi dana tersebut dikelola langsung Forum Keserasian Sosial Desa Lapandewa,” ungkap La Hasifu saat memaparkan materi tentang program Keserasian Sosial dengan tema “Melalui Keserasian Sosial kita bangkitkan budaya lokal, keagamaan, dan semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat” yang berlangsung di gedung serbaguna Desa Lapandewa, Sabtu 03 Oktober 2020.

Dikatakan, sesuai amanat Kementerian Sosial RI, bentuk kegiatan Keserasian Sosial dapat berupa kegiatan fisik maupun non fisik dengan melibatkan unsur masyarakat di mana dituntut untuk lebih mengedepankan semangat gotong royong. Olehnya, dari total Rp 150 juta dana bantuan tersebut, sebanyak Rp 105 juta diporsikan untuk pengeluaran fisik, sementara sisanya Rp 45 juta untuk biaya non fisik.

“Karena pogram Keserasian Sosial ini merupakan upaya pencegahan terhadap potensi konflik dengan selalu menjaga hubungan sosial antar warga secara harmonis,” tuturnya.

Ia menerangkan tujuan dari program Keserasian Sosial salah satunya adalah membangkitkan semangat gotong royong masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan rehabilitasi Masjid Babusallam tersebut tidak diporsikan upah atau gaji bagi pekerjanya.

“Melalui program keserasian sosial tersebut masyarakat diharapkan lebih sadar akan pentingnya keharmonisan sosial, pentingnya mendahulukan kepentingan umum, jadi mari lah kita bangkitkan semangat budaya gotong royong kita dengan bersama-sama memberikan bantuan dalam pengerjaan rehabilitasi masjid itu,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Lapandewa, Yahya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan yang telah merekomendasikan Desa Lapandewa sebagai penerima program Keserasian Sosial Kementerian Sosial RI.

“Yang pasti ucapan terima kasih kepada Pemerintah Buton Selatan yang telah memberikan kita kesempatan untuk menerima manfaat program Keserasian Sosial ini,” katanya.

Dia pun berharap bantuan tersebut bukan lah yang pertama dan terakhir di desa yang dipimpinnya.

“Semoga tahun-tahun berikutnya kita masih diberikan kesempatan untuk mendapat bantuan langsung dari kementerian seperti ini,” ujarnya.

Senada dengan itu, Camat Lapandewa, La Nilo, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Busel melalui Dinas Sosial (Dinsos) Busel yang telah merekomendasikan dan mengawal salah satu desa di Kecamatan Lapandewa sebagai penerima manfaat program Keserasian Sosial.

“Ucapan terima kasih kami kepada Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam hal ini Dinas Sosial Buton Selatan yang terus berupaya untuk Kecamatan Lapandewa, apalagi untuk program Keserasian Sosial tahun inu merupakan desa kedua yang terima bantuan ini setelah tahun sebelumnya Desa Lapandewa Jaya,” pungkasnya. (3).

Terkini