oleh

Bupati Busel Launching Program Pembangunan di Batu Atas

Reporter : Basri

BUTON SELATAN – Bupati Buton Selatan (Busel), H La Ode Arusani sukses meluncurkan dan resmikan sejumlah program prioritas pembangunan di Kecamatan Batu Atas saat kunjungan kerjanya pada Selasa 20 Oktober 2020.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Busel, La Amiruddin SPd MSi mengungkapkan, setibanya di Batu Atas pukul 09.00 Wita, Bupati Busel bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Assisten II Setda, Staf Ahli Bupati, dan Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, serta seluruh Kepala OPD, langsung mengawali kegiatannya dengan Launching pengaspalan jalan di Desa Batu Atas Timur.

Selanjutnya La Ode Arusani dan rombongan berjalan kaki dari desa ke desa, dimana diawali menuju lokasi Pembangunan PLN Batu Atas untuk meletakkan batu pertama Pembangunan PLN. Kemudian menuju Desa Wacuala meresmikan Gedung Serbaguna, serta meresmikan Rumah Jabatan Kepala Desa Taduasa.

Terakhir menjelang pukul 12.00 Wita, Bupati Busel meletakkan batu pertama sekaligus Penegerian Bangunan SMPN 3 Batu Atas di Desa Taduasa yang akan menerima murid baru pada tahun ajaran 2020/2021, serta pembangunan Gedung Kegiatan Belajar siswa.

“Selesai itu Pak Bupati berjalan kaki kembali ke Desa Batu Atas Timur untuk istrahat makan siang. Usai makan siang, Pak Bupati kemudian bertemu kader-kader KB se Kecamatan Batu Atas dan menyerahkan bantuan PPKBD KIT bagi kader KB di 6 Desa di Batu Atas,” ungkap La Amiruddin melalui pesan Whatsappnya, Rabu 21 Oktober 2020.

Sore harinya lanjut dia, Bupati Busel mengendarai speed boat menuju lokasi peluncuran Kapal Penampung Ikan Bumdes Bersama Arghadize, yang merupakan kerja sama 5 Bumdes, masing-masing Desa Batu Atas Liwu, Wambongi, Taduasa, Wacuala dan Batuatas Barat, dengan total dana Rp 1.250.000.000.

“Dalam sambutannya Pak Bupati menegaskan, ini adalah momen langka dan patut jadi contoh di mana 5 kepala desa bekerjasama membuat satu program bersama demi kesejahteraan rakyatnya apalagi motivasinya adalah sebagai tindak lanjut dari program dana desa terkait pembagian katinting bagi nelayan di Batu Atas, ke depan nelayan tidak lagi kesulitan untuk menjual hasil tangkapan dan memasarkannya karena Kapal Arghadize akan menampung hasil tangkapan nelayan dan menjualnya menuju Baubau,” paparnya.

Kemudian, Ketua DPC PDIP Busel itu menuju Desa Batu Atas Barat untuk meletakkan batu pertama Pembangunan Puskesmas, yang direncanakan dibangun pada tahun 2021. Sehingga masyarakat di sana tidak kesulitan lagi mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Dan saat itu kembali lagi ditegaskan oleh Pak Bupati bahwa pemerintah daerah selama 3 tahun berturut-turut telah menganggarkan dana untuk pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat, khusus tahun 2020 berjumlah Rp. 20 M dan masyarakat yang terlayani telah mencapai 93,7% dari keseluruhan masyarakat Buton Selatan. Selanjutnya Bupati berjalan kaki menuju Desa Batu Atas Liwu untuk meninjau akses jalan dan menyapa masyarakat,” jelasnya.

Malam harinya lebih lanjut La Amiruddin, Bupati Busel saat tatap muka dengan masyarakat Batu Atas di Lapangan Voli Desa Batu Atas Timur menyampaikan permohonan maaf karena baru sempat mengunjugi Pulau Batu Atas, semenjak Pandemi Covid-19 mewabah.

“Tidak berkunjung bukan berarti tidak perhatian tapi pemerintah daerah tetap memberikan hak-hak masyarakat selama masa pandemi ini layaknya di daerah lain di daratan,” ucapnya meniru kalimatnya La Ode Arusani.

Terakhir kata dia, La Ode Arusani menegaskan, Kecamatan Batu Atas akan menjadi perhatian prioritas di tahun 2021, yakni dengan mewujudkan sejumlah program yang telah dicanangkannya. Seperti pengaspalan jalan, pembangunan Pelabuhan Fery, rehabilitasi Pelabuhan Batu Atas Timur, pembangunan PLN, pembangunan jaringan telpon, sekolah, Puskesmas, serta pembukaan akses jalan baru dan sejumlah program lainnya.

“Untuk mendukung itu semua dalam waktu dekat akan segera diseberangkan Ekskavator untuk berposko di Kecamatan Batu Atas guna mendukung pekerjaan pemerintah,” sebutnya.

Camat Kecamatan Batu Atas, Andi Lao mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas perhatian besar Bupati La Ode Arusani kepada Kecamatan Batu Atas serta berharap Bupati dapat merealisasikan program yang telah dicanangkan agar masyarakat kecamatan Batu Atas dapat menikmati kemerdekaan.

Terkini