oleh

Bhabinkamtibmas Kawal Distribusi Bibit Ayam di Lapandewa Kaindea

Reporter : Basri

BUTON SELATAN – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Lapandewa Polres Buton, Bripka Rodi Sugarbin mengawal langsung jalannya pendistribusian bantuan bibit ayam kampung super atau joper di Desa Lapandewa Kaindea Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan (Busel) pada Jumat 23 Oktober 2020.

Bhabinkamtibmas yang membina tiga desa itu mengungkapkan pengawalan bantuan sosial dari Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Sembawa itu merupakan bagian dari tanggung jawabnya setelah adanya kesepakatan kerjasama antara Polri dan Kementerian Sosial agar setiap bantuan sosial tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak.

“Hal ini untuk memberikan rasa aman dan lancarnya pembagian bantuan bibit ayam ternak kepada warga,” ungkapnya saat ditemui usai distribusi bantuan bibit ayam.

Dijelaskan, hal tersebut tertuang dalam MoU yang ditanda tangani Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita di Gedung Mabes Polri, Jakarta pada Januari 2019 lalu.

“Dimana tindak lanjutnya tidak hanya pada tingkatan pusat, Satgas Bansos ini juga telah dibentuk di Polda yang nantinya akan turun ke Polres, Polsek hingga pada Bhabinkamtibmas yang langsung mengawasi dan memastikan distribusi bansos di desa,” tuturnya.

Ia berharap kepada masyarakat penerima bantuan tersebut untuk mematuhi petunjuk arahan dari pendamping teknis terkait pemeliharaan ayam sehingga bisa memberi nilai tambah utamanya segi ekonomi.

“Diharapkan bagi masyarakat penerima bantuan ini agar memelihara dengan baik ayam tersebut
sehingga membantu masyarakat apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Busel, Muhammad Syafir, melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Busel, Saleh Pattiha mengatakan untuk penerima manfaat Desa Lapandewa Kaindea tercatat ada 142 KK yang akan menerima 50 ekor per KK dengan total bantuan 7.100 ekor keseluruhan.

“Bantuan yang disalur di Lapandewa Kaindea hari ini adalah penyaluran ke dua dan yang masuk hari ini 2.500 ekor, masih ada satu kali penyaluran lagi. Setelah ini kemungkinan minggu depan menyusul distribusi ke Desa Lapandewa, kemudian Burangasi dan Burangasi Rumbia, yang sebelumnya diawali Desa Lapandewa Makmur,” katanya.

Hingga saat ini, kata dia telah terdistribusi 53 ribu ekor dari total 74.550 ekor bantuan yang diterima Buton Selatan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen Keswan) Kementerian Pertanian RI. (3).

Terkini